Ternyata Stadion Terbesar di Dunia Berada di Korut

ESENSINEWS.com - Minggu/26/04/2020
Ternyata Stadion Terbesar di Dunia Berada di Korut
 - ()

ESENSINEWS.com – Di tengah isu Kim Jong un meninggal, tahukah kamu bahwa Korea Utara yang ia pimpin juga memiliki stadion terbesar di dunia? Namanya Rungrado 1st of May Stadium atau Stadion Hari Buruh.

Stadion yang juga disebut sebagai Rungrado May Day Stadium ini memang bukan produk dari pemerintahan pada era Kim Jong Un karena sudah dibuka pada 1 Mei 1989 silam — tepat di Hari Buruh.

MenurutĀ The Guardian, di dalam Stadion Rungrado May Day juga terdapat gambar Kim Il Sung dan Kim Jong Il, pemimpin tertinggi Korea Utara yang pertama dan kedua, sekaligus kakek dan ayah Kim Jong Un.

PYONGYANG, NORTH KOREA - APRIL 02: The May Day stadium, the biggest stadium in the world accomodating 150,000 seated visitors, is seen on April 2, 2011 in Pyongyang, North Korea. Pyongyang is the capital city of North Korea and the population is about 2,500,000. (Photo by Feng Li/Getty Images)Stadion terbesar di muka Bumi ada di Pyongyang, Korut. (Foto: Getty Images/Feng Li)

 

Sebagaimana dirangkum dari sejumlah sumber, Stadion Rungrado May Day ini menempati area seluas 20,7 hektare di Pulau Rungrado, Pyongyang. Kapasitasnya mencapai 114.000 walaupun ada yang mengklaim sampai 150.000 penonton.

Jumlah itu sendiri sudah menjadikannya sebagai stadion olahraga dengan kapasitas terbesar di muka Bumi. Lebih besar ketimbang Stadion Sardar Patel (110.000) yang biasa menghelat kriket di India dan jadi stadion terbesar kedua di dunia, atau bahkan Stadion Camp Nou (99,354) yang kondang sebagai kandangnya FC Barcelona.

Tak cuma megah, Rungrado 1st of May Stadium juga punya desain unik; 16 lengkungan di bagian atas membuatnya menyerupai kelopak bunga magnolia. Stadion ini juga memiliki tinggi 60 meter dengan total luas lantai lebih dari 207.000 meter persegi.

Selain untuk acara olahraga seperti sepakbola dan cabang atletik, Stadion Hari Buruh ini biasanya juga dipergunakan untuk kegiatan festival hiburan dan upacara parade militer.

PYONGYANG, NORTH KOREA - OCTOBER 3: North Korean workers and students perform North Korea's biggest spectacle called the Arirang, at the May Day stadium, during the inter-Korea summit on October 3, 2007 in Pyongyang, North Korea. South Korean president Roh Moo-Hyun and North Korean leader Kim Il Jong are holding a three day summit aimed at ending the half-century of animosity between the two states that have remained technically at war since 1950. (Photo by Pool/Getty Images)Festival di Stadion Rungrado 1st of May, Pyongyang, Korut. (Foto: Getty Images/Pool)

Sejauh ini Rungrado 1st of May Stadium sudah tiga kali menjalani renovasi, dengan yang paling anyar terjadi di era kepemimpinan Kim Jong Un. Tiga renovasi itu tepatnya berlangsung pada 1995, 2008, dan 2018.

 

 

Sumber : Guadian/Detik.com

Tinggalkan Komentar

Kolom

Mungkin Anda melewatkan ini

PAW Memutus Relasi Konstituen Terhadap Wakilnya

PAW Memutus Relasi Konstituen Terhadap Wakilnya

Gegara Ikut Seleksi CPNS, Delapan Dosen di Larantuka Dipecat

Gegara Ikut Seleksi CPNS, Delapan Dosen di Larantuka Dipecat

Kampanye Pilpres AS Berubah

Kampanye Pilpres AS Berubah

Schooling akan Balas Dendamnya di 100 M Kupu-kupu

Schooling akan Balas Dendamnya di 100 M Kupu-kupu

SARBUMUSI Siap Berikan Masukan Terkait RUU Cipta Kerja

SARBUMUSI Siap Berikan Masukan Terkait RUU Cipta Kerja

Tag

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya