Demokrat Berpeluang Lolos PT 4 Persen

ESENSINEWS.com - Jumat/16/11/2018
Demokrat Berpeluang Lolos PT 4 Persen
 - ()

Esensinews.com – Diantara partai-partai yang bertarung pada Pileg 2018, Demokrat memiliki lebih berpeluang untuk lolos ambang batas parlemen empat persen. Selain PDI-P, Golkar, Gerindra dan PKB.

Jika ditinjau dari sisi yuridis, ikhtiar Partai Demokrat sama sekali tidak melanggar aturan. “Jika ditiru, boleh jadi bisa menyelamatkan parpol yang menjiplak ide itu dari kemungkinan gagal di Pemilu Legislatif,” ujar Said dalam keterangan resminya, Kamis (15/11/2018).

Lebih lanjut kata Said, semenjak diterapkannya ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT), membuat partai-partai peserta Pemilu 2019 makin tegang. Merujuk pada hasil survei oleh tiga lembaga, Populi Center (22 September – 1 Oktober), Kompas (24 September – 5 Oktober), dan Alvara Research Center (8 – 22 Oktober), misalnya, separuh dari parpol parlemen terancam angkat kaki dari Gedung DPR.

Setidaknya, terdapat gambaran bahwa hanya akan ada lima parpol yang bakal lolos. Oleh sebab itu, hasil sementara Pemilu versi lembaga riset memberi indikasi bahwa ada yang perlu diperbaiki dari strategi sejumlah parpol pemilik kursi DPR.

“Dkungan para parpol kepada pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, ternyata tidak berdampak positif terhadap elektabilitas mereka di pileg,” ujarnya.

Di kubu pengusung pasangan  nomor urut 01, misalnya, suara  Partai Golkar berpotensi anjlok dari 14,75 persen menjadi 10,2 persen hingga 6,2 persen. Partai Nasdem, dari 6,72 persen turun menjadi antara 4,2 persen – 3,4 persen, PPP dari 6,53 persen turun ke 3,2 persen – 2,2 persen, dan Partai Hanura dari 5,26 persen menjadi 1 persen- 0,6 persen.

Khusus PKB, meski telah dipromosikan Ma’ruf Amin, tetap masih berpotensi ikut turun dari 9,04 persen menjadi 7,2 persen – 6,3 persen.

Potensi penurunan suara juga terjadi pada parpol pendukung nomor urut 02. Partai Demokrat dari 10,19 persen turun menjadi 6,3 persen -3 persen, PAN dari 7,59 persen menjadi 2,3 persen -1,6 persen, PKS dari 6,79 persen turun menjadi 3,3- 2,9 persen.

“Nah, Demokrat tampaknya sangat peka terhadap hasil survei itu. Mereka langsung memperbaiki strategi kampanyenya dengan menggunakan setidaknya dua cara,” kata Said.

Said melanjutkan, pertama, Partai Demokrat mengekspos prestasi Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kedua, membebaskan kadernya untuk memilih pasangan Prabowo-Sandi atau pasangan Jokowi-Ma’ruf. Sayangnya, kata dia, strategi pertama Partai Demokrat sulit diikuti oleh parpol yang lain. Tetapi, cara yang kedua bisa saja dilakukan.

“Dengan membebaskan kader dan konstituen untuk memilih capres-cawapres manapun, parpol dapat menjaga pemilih loyalnya agar tidak berpindah ke lain hati,” kata dia.

Sebelumnya, Partai Demokrat dilanda kekhawatiran mengalami penurunan suara pada Pemilu 2019. Ini karena sosok Prabowo Subianto-Sandiaga Uno selaku capres-cawapres yang diusung Demokrat tak memberikan keuntungan kepada partai berlogo mercy itu.

Karena itu, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) , saat memberikan pembekalan kepada calon anggota legislatif (caleg) di Jawa Timur, Ahad (11/11/2018), dikutip republika.co.id menyampaikan pesan terkait rendahnya elektabilitas partai berdasarkan hasil dari sejumlah lembaga survei. Dia mengatakan, seluruh kader harus  tetap bersabar, tegar dan gigih berusaha untuk dapat duduk sebagai wakil rakyat.

“Saya tetap punya keyakinan bahwa Partai Demokrat tidak akan tenggelam dan Demokrat akan lebih sukses dari pemilu 2014 lalu,” kata SBY dihadapan para caleg, Ahad (11/11/2018).

Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY),  menekankan, para caleg agar tidak berpaku pada janji poltik, namun lebih mengedepankan penjelasan apa yang telah dicapai 10 tahun lalu ketika SBY menjadi pemimpin,. Termasuk konsisten Partai Demokrat mengutamakan rakyat, dalam empat tahun terakhir.

“Ini komitmen kami dan mudah-mudahan bisa diterima dengan baik dan tentu ikhtiar akan terus kami lakukan sampai hari pencoblosan,” ucapnya.

Karena itu, AHY memastikan tidak akan bergantung pada coat tail effectatau efek ekor jas dari calon presiden Prabowo Subianto. Demokrat mengaku memiliki strategi tersendiri untuk memastikan kursi di DPR RI atau DPRD.

“Tidak, kami punya strategi sendiri. Kalau bergantung pada coat tail effectitu berarti kami terlalu berharap,” kata AHY.

Menurut AHY, harapan bukanlah sebuah strategi dalam politik meski diakuinya setiap manusia tetap harus berdoa. Dia menilai berlebihan jika Demokrat harus bergantung pada efek ekor jas calon presiden nomor urut 02.

Mantan calon gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, mengacu pada pembuktian yang dilakukan sejumlah lembaga survei, hanya ada ada dua partai yang diuntungkan dari efek ekor jas, yakni PDIP yang memiliki Jokowi dan Gerindra mengusung Prabowo.

“Itu realitanya yang harus dihadapi oleh partai-partai lainnya,” katanya.

Meski demikian, dia menutup kemungkinan jika kampanye para caleg akan dilakukan berdampingan dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02. Dia mengatakan, ini mengingat Demokrat memiliki kebersmaan dengan pasangan calon pesajng Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut.

“Yang jelas pada akhirnya kami ingin yakinkan caleg Demokrat sukses berhasil mendapatkan kursi di Senayan,” katanya

AHY mengungkapkan, Demokrat akan fokus menggarap pileg mengingat perbedaan pemilihan legislatif tahun depan dengan pemilihan wakil rakyat di tahun-tahun sebelumnya. Dia memastikan, partai memiliki pendekatan yang khas seperti yang tentunua dimiliki partai politik lainnya.

“Kami akan fokus karena bagi kami dengan semakin banyaknya keterwakilan, kami di parlemen apKah itu DPR maupun provinsi kota maka akan semakin banyak kami berbuat untuk rakyat,” kata AHY.

 

 

 

 

Editor : Freddy M

Tinggalkan Komentar

Kolom

Mungkin Anda melewatkan ini

Si Jago Merah Lalap 4 Juta Hektar Hutan di California

Si Jago Merah Lalap 4 Juta Hektar Hutan di California

Dua Daerah Ini Sulit Ditaklukkan Jokowi dan Prabowo

Dua Daerah Ini Sulit Ditaklukkan Jokowi dan Prabowo

Astaga! Pria Nikahi Pengantin Perempuan yang Ternyata Laki-laki

Astaga! Pria Nikahi Pengantin Perempuan yang Ternyata Laki-laki

Soal Freeport, Pencitraannya Kelewatan Bingit

Soal Freeport, Pencitraannya Kelewatan Bingit

Dugaan Korupsi Proyek Di Kemnaker, KPK Segera Panggil Menteri Ida Fauziyah

Dugaan Korupsi Proyek Di Kemnaker, KPK Segera Panggil Menteri Ida Fauziyah

Tag

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya