Keputusan Obama tak Bombardir Suriah Bikin Jhon Kerry Terkejut

ESENSINEWS.com - Senin/03/09/2018
Keputusan Obama tak Bombardir Suriah Bikin Jhon Kerry Terkejut
 - ()

Esensinews.com – Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry mengaku terkejut atas keputusan Presiden Barack Obama tahun 2013 yang tidak membombardir Suriah. Dia sudah membujuk pemimpinnya itu untuk menggempur rezim Damaskus, namun gagal.

Dia mengatakan, pemboman terhadap Suriah kala itu perlu  untuk “memberi pelajaran” kepada Presiden Bashar al-Assad karena melanggar gencatan senjata dan menggunakan senjata kimia pada rakyatnya sendiri.

Amerika, ujar Kerry, harus “membayar harga” karena tidak bertindak tegas atas tindakan rezim Assad.

“Kami membayar harga untuk cara bermainnya tanpa garis merah yang ditegakkan oleh pemboman,” kata Kerry, mengacu pada peringatan Obama pada tahun 2012 bahwa penggunaan senjata kimia akan mendorong respons militer oleh AS.

Ancaman itu diberlakukan setahun kemudian. Kerry menjelaskan pemikirannya pada saat itu.

Saya menaruh beberapa ide di atas meja. Presiden tidak terbujuk oleh argumen saya,” katanya, seperti dikutip dari CBS News, Senin (3/9/2018).

“Saya percaya bahwa kami memiliki beberapa opsi yang dapat kami lakukan dengan risiko sangat rendah untuk dapat menjelaskan kepada Assad bahwa ketika kami memiliki gencatan senjata dan kapan dia mengatakan dia akan hidup dengan itu, dia harus hidup dengan itu. Dan saya pikir kita harus melakukan itu,” kata Kerry.

Pada Agustus 2012, Obama mengatakan bahwa penggunaan senjata kimia oleh Assad adalah “garis merah” yang jika disilangkan, akan menjadi “pengubah permainan” untuk keterlibatan AS di Suriah. 

Menyusul serangan gas kimia terhadap warga sipil pada musim panas 2013, Obama bersiap untuk melakukan serangan rudal sebelum beralih dan mencari persetujuan dari Kongres untuk meluncurkan serangan.

Pengakuan mantan diplomat top AS ini muncul dalam buku terbarunya  “Every Day Is Extra”. Di buku itulah, dia menuliskan keterkejutannya atas keputusan presiden Obama.

Saya pikir kami akan bergerak maju. Saya pikir akhir pekan itu adalah akhir pekan. Saya mengharapkan panggilan telepon untuk memberitahu saya bahwa dia telah memutuskan kami menyerang malam itu atau apa pun yang akan terjadi, dan itu tidak terjadi,” ujarnya.

“Pekerjaan (saya) adalah untuk kemudian memengaruhi kebijakan presiden. Dan saya melakukan yang terbaik yang saya bisa untuk pergi ke Kongres dan berdebat soal kasus ini,” kata Kerry.

Tapi saya menulis bahwa kami membayar harga untuk itu. Tidak ada pertanyaan tentang itu. Kami membayar harga. Dan semua penjelasan dan yang lainnya tidak mengubah persepsi, dan persepsi kadang-kadang sangat jelas dalam diplomasi dan politik.”

Kerry, yang secara terbuka mencerca kebijakan luar negeri Presiden Trump, mengatakan bahwa dia telah mendukung sebagian serangan militer Trump terhadap Assad karena rezimnya terus menggunakan senjata kimia terhadap warga sipil. Kendati demikian, dia mengatakan bahwa tindakan militer harus dipenuhi dengan penjangkauan diplomatik.

“Saya mendukung penggunaan kekuatan, tetapi saya tidak mendukung hanya satu kali di mana Anda menjatuhkan beberapa bom dan tidak ada tindak lanjut diplomasi dan tidak ada upaya tambahan untuk mencoba menggunakan pengaruh yang Anda dapatkan dari melakukan itu,” kata Kerry.

“Saya pikir presiden seharusnya melakukan itu. Presiden Trump seharusnya melakukan itu.”

Kerry mengatakan dia bangga bahwa dia tidak pernah berhenti berusaha untuk membawa stabilitas untuk Suriah.

“Bahkan ketika itu sulit, bahkan ketika itu tampak suram, saya tidak menyesal menempatkan itu, Anda tahu, ide di atas meja dan saya pikir itu adalah hasil yang luar biasa dalam arti bahwa kita mendapatkan semua senjata yang dinyatakan keluar dari sana,” imbuh dia, mengacu pada kesepakatan yang ditengahi oleh Rusia pada 2013 untuk menghapus senjata kimia Suriah dan mencegah serangan AS.

 

Sumber : CBSnews

Tinggalkan Komentar

Kolom

Mungkin Anda melewatkan ini

Giat Kepolisian Cegah COVID-19, Kembali Ditsamapta Semprot Ruas Jalan Perkotaan

Giat Kepolisian Cegah COVID-19, Kembali Ditsamapta Semprot Ruas Jalan Perkotaan

Murah! 1T Ternyata Hanya Senilai Rp 4.000 Rupiah per Orang Indonesia!

Murah! 1T Ternyata Hanya Senilai Rp 4.000 Rupiah per Orang Indonesia!

Melawan Diperkosa, Siswi India Digantung di Pohon

Melawan Diperkosa, Siswi India Digantung di Pohon

Ini Faktor Utama Penyebab Nilai Tukar Rupiah Lambat

Ini Faktor Utama Penyebab Nilai Tukar Rupiah Lambat

Ketua Komite Nasional Partai Republik Puji Penampilan Trump pada Debat Perdana

Ketua Komite Nasional Partai Republik Puji Penampilan Trump pada Debat Perdana

Tag

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya